-->

Cara daftar Ongkir gratis di Shopee dengan mudah

Jualan di shopee – Tidak dapat dikesampingkan, jumlah pembeli dan penjual online di Indonesia semakin hari semakin meningkat. Mulai dari ibu-ibu, bapak-bapak, hingga adek-adek yang masih SMP-SMA bahkan kini sudah lihai bertransaksi jual-beli online di shopee.

Salah satu elemen penyokong meningkatnya jumlah penjual dan pembeli online di Indonesia yakni karena kemudahan berbelanja online dikala ini. Dan, salah satu daerah yang mempermudah para penjual dan pembeli online untuk bertransaksi dengan aman yakni marketplace-marketplace yang semakin menjamur di Indonesia. Sebut saja umpamanya Tokopedia, Bukalapak, Olx, dan yang terkini dan sedang ramai diterapkan karena layanan cuma-cuma ongkirnya yakni Shopee.

Shopee mulai banyak mendulang pelanggan karena layanan cuma-cuma ongkirnya ini. Bagaimana tak, salah satu kendala utama dalam jual beli online yakni ongkos kirim. Bahkan, terkadang, tarif ongkos kirimnya saja lebih mahal dari tarif barang. Dan Shopee, menawarkan solusi untuk menyelesaikan hal itu –sedangkan kelihatannya cuma sementara karena sedang melaksanakan Cash Burn untuk mencari pelanggan.

Tentu saja, dengan catatan, produk yang anda jual atau beli bukan produk yang bermuatan atau berdimensi tinggi seperti mebel atau furniture umpamanya. Sebab jikalau barang yang anda jual atau beli bermuatan atau berdimensi tinggi, anda cuma akan mendapatkan sedikit subsidi ongkos kirim, yakni Rp. 30.000 dan wajib mengirimkannya melewati JNE yang terbilang lumayan mahal dibanding jasa pengiriman yang lain pula.

Memang, sebagian kali ada peningkatan dalam batas minimum pembelian yang dapat menerima cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini. Seperti umpamanya sebagian waktu lalu yang meningkat dari minimum pembeli dari jumlah minimal pembelian Rp. 90.000 menjadi Rp. 120.000. Akan tetapi, dalam waktu-waktu tertentu, Shopee juga mengadakan penurunan dan promo untuk batas minimum pembelian yang dapat menerima layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee. Seperti dalam minggu ini umpamanya, Shopee menurunkan batas minimum pembelian yang dapat menerima cuma-cuma ongkos kirim Shopee, yakni cuma Rp. 70.000 saja di satu kios.

Akan tetapi, layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini bahkan memiliki sebagian prasyarat. Sebelum mendaftar, anda wajib mengenal prasyarat layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee sendiri. Prasyarat cuma-cuma ongkos kirim Shopee sendiri yakni:

Hanya berlaku untuk produk yang memiliki pedoman khusus, yakni bertanda cuma-cuma ongkos kirim (mobil berwarna biru di pojok bawah produk)

Hanya berlaku untuk jasa pengiriman menggunakan JNE. Selain jasa pengiriman JNE, layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini tak berlaku.

Maksimal cuma-cuma ongkos kirim Shopee yang ditanggung pihak Shopee yakni Rp. 30.000 dengan minimal pembelian Rp. 120.000 (Padahal kadang juga dapat cuma Rp. 90.000 atau Rp. 70.000 seperti yang sudah digambarkan di atas). Sekiranya ongkos kirim melebihi Rp. 30.000, maka kelebihan tarif ongkos kirim akan ditanggung oleh pembeli dan akan tercantum dikala pembeli melaksanakan checkout.

Pihak Shopee memiliki hak menghapus atau mengganti layanan (cuma-cuma ongkos kirim Shopee) ini tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Sebagai tambahan, untuk membeli atau memasarkan menggunakan layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini, anda wajib memastikan bahwa produk yang anda beli atau anda jual terdapat gambar mobil biru di pojok kiri produk hal yang demikian. Lihat gambar di bawah ini:


Nah, jikalau sudah memahami prasyarat-syaratnya, kali ini Sajadah.co akan membuat tutorial bagaimana cara mengaktifkan fitur cuma-cuma ongkos kirim Shopee bagi para penjual. Mumpung layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini masih berlaku hingga kini (dikala artikel ini dihasilkan). Berikut yakni tatacara mendaftar layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee bagi pembeli:

1.Pilih tab notifikasi kemudian klik Ikuti Program Cuma-cuma Ongkos Shopee sebagaimana dapat dipandang dalam gambar di bawah ini


Langkah pertama ini sudah tak dapat diterapkan. Pertama-tama, daftarkan akun penjual anda. Isi biodata diri anda dengan komplit kemudian verifikasi nomor ponsel anda. Setelah itu, silahkan upload satu produk di Shopee. Setelah anda mengunggah satu produk, di tab notifikasi akan timbul pemberitahuan pendaftaran program cuma-cuma ongkos kirim Shopee semenjak tahun 2018. Setelah itu, ikutilah langkah No. 2 hingga selesai.

2. Masukkan nomor KTP anda dan upload foto anda dengan KTP (Selfie dengan KTP) yang nampak jelas terbaca.Jangan lupa upload foto anda dengan KTP atau selfie anda dengan KTP dan contreng opsi “Saya bersedia menggunakan jasa pengiriman JNE, memasukkan isu resi pengiriman valid ke Aplikasi Shopee dan mencontoh ketetapan ini”.


3. Tunggu balasan dari pihak Shopee. Sekiranya sukses mendaftar, umumnya akan timbul pemberitahuan untuk mengecek status Jasa Kirimku. Anda wajib mengontrol ongkos kirim menurut berat produk/barang yang anda jual. Padahal, jikalau tak sukses mendaftar layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini, pihak Shopee akan memberi tahu anda untuk mengulangi lagi pendaftaran layanan cuma-cuma ongkos kirim Shopee ini.

Trus Uangnya Ditransfer Kemana?

Oh ya, soal uang ini yang paling penting. Sebab tujuan berjualan online yakni untuk menjadikan uang.

Jadi, setelah ada pembeli yang mengorder produk yang anda tawarkan, pembeli akan mentransfer uang ke Shopee. Sebelum pembeli mentransfer, usahakan pastikan produk yang dipesan oleh pembeli sudah ready atau tak sedang out of stock. Sekiranya out of stock, langsung lah menghubungi pembeli dan kasih tahu pembeli bahwa produk yang diordernya sudah habis. Sebab, jikalau hingga pembeli memberikan nilai buruk terhadap kios anda, maka dapat dikatakan, kemungkinan kios anda untuk laris juga semakin kecil.

Setelah pembeli mengorder dan mentransfer uang ke Shopee, langsung lah mempacking barang orderan hal yang demikian dan langsung kirimkan melewati JNE Reguler atau JNE OKE. Ingat, jangan hingga resi pengiriman sirna. Sebab, jikalau sirna, maka anda sama saja dengan rugi karena wajib membayar ongkos kirim yang wajib ditanggung pihak Shopee.

Setelah mengirimkan barang, masukkan resi pengirimannya ke orderan yang sudah anda kirim. Pastikan bahwa nomor resi yang anda masukkan benar.

Setelah itu, dalam sebagian waktu (umumnya paling lama sehari), maka secara otomatis ongkos kirim dan harga produk akan dimasukkan shopee ke penjualan anda. Sebab, cara Shopee yakni mereimburs (mengganti) ongkos kirim. Jadi, anda wajib membayar ongkos kirim dulu, setelah itu nanti akan diganti oleh pihak Shopee.

Setelah barang hingga ke pembeli dan transaksi diungkapkan selesai oleh Shopee, maka uang penjualan plus ongkos kirim tadi akan secara otomatis masuk ke Dompet Shopee anda. Nah, setelah uang masuk ke Dompet Shopee anda, uang hal yang demikian dapat anda tarik agar ditransfer pihak Shopee ke nomor rekening bank yang anda masukkan di kios Shopee anda. Biasanya, paling lambat, pihak Shopee akan mentransfer uang hal yang demikian dalam dua hari. Paling cepat, dalam sebagian jam, uang penjualan plus ongkos kirim hal yang demikian umumnya sudah masuk ke rekening Anda.

Cara daftar Ongkir gratis di Shopee dengan mudah
-->